Nama Suzuki Hayabusa kental terhadap kendaraan roda dua yang memiliki kekuatan ‘super’. Nyatanya, ternyata nama tersebut pernah digunakan untuk sebuah mobil sport konsep pada 2002 lalu.

Dilansir Motor1, pada pameran Tokyo Auto Salon, Suzuki pertama kalinya memperkenalkan Hayabusa empat roda yang dinamakan Suzuki Hayabusa Sport Prototype (HSP). Alasan pihak Suzuki Jepang menggunakan label Hayabusa karena memang mobil ringan (550 kg) tersebut menggunakan mesin naturally aspirated 1.300 cc milik GSX-R1300R Hayabusa.

Jeroan salah satu motor tercepat di dunia itu dipasang di midship depan dan digerakkan ke poros belakang yang dibantu oleh transmisi enam percepatan. Sehingga mobil memiliki tenaga 175 daya kuda dan torsi 138 Newton-meter. Kekuatan itu di distribusikan secara merata ke seluruh roda mobil (50:50 depan-belakang).

Selain itu, salah satu hal menarik lainnya di mobil sport konsep yang dikembangkan oleh TVR ini adalah badannya yang mungil. Panjang mobil hanya 3.790 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.100 mm. Beratnya, hanya 550 kilogram.

Meski menuai komentar positif dari para pecinta roda empat ‘super’, pihak Suzuki tidak pernah punya rencana untuk memasukkan mobil itu ke dalam lini produksinya. Sebab, kendaraan konsep itu tidak ‘siap’ untuk dikendarai di jalanan. Ya, pihak pengembang pada saat itu hanya membuatnya demi kepentingan pameran saja.

Artikel asli : https://oto.detik.com/mobil/d-4213832/wah-mobil-ini-gendong-mesin-suzuki-hayabusa